berita terbaru

Baru Rilis, Game Black Myth: Wukong Pecahkan Rekor Planet

Ligapedianews.com – JAKARTA – Industri game China pecahkan rekor lewat perdagangan Black Myth: Wukong yang mencapai 10 jt unit pasca tiga hari dirilis.

Game bergenre aksi yang dimaksud berlatar belakang mitologi China itu memecahkan rekor jualan global beberapa hari pasca peluncurannya pada 20 Agustus 2024 lalu. Pada hari ke-10, game ini tetap saja menjadi yang terlaris secara global lalu menempati peringkat kedua di dalam Amerika Serikat berdasarkan pendapatan di tempat sistem Steam seharga Rp92 ribu.

“Black Myth: Wukong telah dilakukan menunjukkan untuk semua orang bahwa game AAA (Triple-A) buatan China dapat mencapai jualan global yang mana begitu tinggi,” kata salah satu penanam modal pengembang Game Science Dino Ying, mengambil Wionews, Kamis (5/9/2024).

Ying juga menyebutkan bahwa ia mengetahui setidaknya satu game AAA (Triple-A) lainnya yang sedang dikembangkan, meskipun ia menolak memberikan informasi spesifik. Perilisan game masa depan, katanya, akan miliki strategi global sejak awal serta memprediksi bahwa pengembang game AAA (Triple-A) asing akan semakin menyesuaika para gamers China.

Pasar China yang dimaksud besar hingga mencapai 600 jt gamers memang benar menghadirkan prospek signifikan bagi pengembang game. Ivan Su, orang analis ekuitas senior di area Morningstar, mencatat bahwa alasan China sebelumnya tidaklah mengembangkan game AAA-nya sendiri akibat proses produksinya yang tersebut panjang juga mahal. “Namun, China adalah negara besar. Kita berbicara tentang 1 jt pemain bersamaan,” kata Su.

Kesuksesan game ini juga dikaitkan dengan elemen budaya lokal. “Game China kerap memasukkan elemen budaya yang digunakan kaya yang semakin menarik bagi audiens global,” kata Ashley Dudarenok, pendiri penasehat digital China ChoZan. Cita rasa budaya yang unik ini membedakan mereka itu dari game yang tersebut dikembangkan di dalam wilayah lain.

Ying juga menyoroti signifikansi budaya game tersebut. Lantaran pengembangan game yang disebutkan melibatkan pemindaian lalu replikasi desain dari kuil-kuil kuno China untuk meningkatkan nuansa imersif.

Terobosan oleh “Black Myth: Wukong” menandakan era baru bagi sektor game China, baik pengembang arus utama maupun indie siap untuk menimbulkan dampak global yang mana signifikan.

Related Articles