teknologi

Petunjuk-petunjuk Gibran Diduga Orang di dalam Balik Akun Kaskus Fufufafa

Jakarta Belakangan media sosial Indonesia, khususnya X/Twitter, diramaikan dengan dugaan bahwa Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka merupakan pemilik sebuah akun Kaskus bernama Fufufafa. Akun itu menjadi tersebar luas lantaran berisi banyak unggahan kontroversial dan juga dinilai tak pantas oleh warganet.

Akun Fufufafa kerap menyerang Prabowo Subianto lalu keluarganya pada sekitar 10 tahun lalu. Akun ini juga beberapa kali melontarkan komentar berbau pelecehan terhadap perempuan. Warganet menduga akun ini milik Gibran dengan menyusun puzzle jejak digitalnya.

Salah satu bukti yang digunakan menguatkan keterkaitan antara Gibran dan juga Fufufafa diungkapkan Akun X @kiqi01. Akun yang dimaksud mengunggah tangkapan layar pada waktu fufufafa mengomentari thread di KasKus berjudul “Andi Arief: Jokowi ‘Sembunyikan’ Anak Pertamanya”. Akun itu menulis “Sini lo nji**. Gw gak ngumpet. Sini gw ladenin,” tulisnya.

Sebelumnya, individu warganet X dengan nama akun @koalaangle juga sudah pernah menciptakan utas yang berisi pembuktian bahwa akun-akun yang disebutkan adalah benar milik Gibran. Unggahan yang disebutkan hingga Senin, 9 September 2024, sudah dilihat 4,8 jt kali oleh pengguna X.

Dalam utas tersebut, berisi sebagian tangkapan layar dari unggahan akun Kaskus yang digunakan diduga milik Gibran. Contohnya ketika Fufufafa mengunggah nama-nama akun media sosial miliknya. “Prime ID: Raka Gnarly (lupa password, gak sanggup log in). Nama: Raka. Twitter: @rkgbrn,” tulis unggahan Fufufafa pada 2013 lalu yang dimaksud ditemukan warganet.

Pada utas itu, ditambahkan bukti tangkapan layar dari akun resmi Kaesang Pangarep, adik Gibran, yang tersebut mengucapkan selamat ulang tahun untuk Gibran. “Selamat ultah ibuk sebanding mas @rkgbrn,” bunyi cuitan Kaesang pada 2011 yang dimaksud ditemukan netizen. 

Respons Gibran Soal Fufufafa

Ketika ditanya oleh wartawan terkait tudingan bahwa dirinya adalah pemilik akun Kaskus Fufufafa, Gibran semata-mata memberikan tanggapan singkat. 

“Ya tanya yang digunakan punya akun,” ucap Gibran pada waktu ditemui seusai blusukan dalam Kampung Mutihan, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Selasa, 10 September 2024.

Sementara itu, Staf Khusus Presiden, Grace Natalie mengungkapkan bahwa akun Fufufafa itu belum tentu milik Gibran Rakabuming Raka, yang tersebut juga putra sulung Jokowi. Oleh oleh sebab itu itu, perlu dipastikan terlebih dahulu kepemilikan akun tersebut.

“Kan belum pasti ya. Enggak tahu punya beliau atau enggak. Dipastikan dulu,” kata Grace di dalam kompleks Istana Kepresidenan Ibukota pada Selasa, 3 September 2024, usai rapat perihal Govtech dengan Jokowi lalu jajaran.

Menteri Komunikasi kemudian Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan pihaknya sudah pernah mendalami juga mempelajari akun Kaskus bernama Fufufafa, yang dimaksud akhir-akhir ini merebak kemudian menjadi perbincangan umum Tanah Air. Akun yang disebutkan menjadi sorotan akibat diduga warganet sebagai akun milik Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

“Udah, udah, udah (didalami). Iya maksudnya udah kita pelajari, lah,” ucap Budi Arie, seperti dikutipkan dari video pendek yang tersebut banyak beredar dalam media sosial X, Rabu, 11 September 2024.

Berdasarkan pendalaman itu, Budi Arie menyebutkan bahwa akun Fufufafa bukanlah milik Gibran Rakabuming Raka. “Bukanlah, tidak (punya Gibran),” katanya. Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) itu juga menyatakan pihaknya sudah pernah mempelajari akun yang dimaksud sejak tersebar luas di tempat media sosial.

Meski begitu, ketika ditanya siapa sebenarnya pemilik akun Fufufafa tersebut, Budi Arie mengaku bukan tahu. Dia menyatakan masih mengantisipasi hasil pendalaman yang dimaksud diadakan pihaknya lalu akan memberitahu apabila telah waktunya. “Kita nggak tahu, tunggu lagi, tunggu aja ntar ada waktunya,” ujar Budi Arie. 

HATTA MUARABAGJA | RADEN PUTRI ALPADILLAH GINANJAR | SEPTIA RYANTHIE | DANIEL A. FAJRI | RIZKI DEWI AYU
Pilihan editor: Kata Gibran Soal Fufufafa: Ya Tanya yang mana Punya Akun

Related Articles