olahraga

Prediksi Persis Solo vs PSIS Semarang di dalam Derby Jateng Kejuaraan 1: Jadwal Live, Fakta Menarik, H2H, Proyeksi Formasi

Jakarta – Derbi Jawa Tengah akan tersaji pada pekan kedua Turnamen 1 2024-2025 ketika Persis Solo menjamu PSIS Semarang di area Stadion Manahan, Solo, Sabtu, 17 Agustus 2024. Kompetisi akan datang berlangsung mulai pukul 19.00 Waktu Indonesia Barat lalu disiarkan secara segera oleh Indosiar dan juga jaringan streaming Vidio.

Kedua kelompok datang ke laga ini pada kondisi terluka. Pada pekan perdana keduanya sama-sama menelan kekalahan dari lawan masing-masing. Persis Solo kalah 0-3 dari PSM Makassar, sedangkan PSIS Semarang harus mengakui keunggulan Persita Tangerang, 0-1.

Tentunya, Persis Solo tidaklah ingin kehilangan muka pada depan pendukung dia sendiri. PSIS pun juga pastinya tidaklah mau kalah, kendati harus bermain di dalam kandang lawan.

Tambahan amunisi lokal didapatkan Persis mendekati laga ini, dengan hadirnya pemain pinjaman dari Persib Bandung, Abdul Aziz. Dia diharapkan dapat menambah kekuatan di dalam lini sedang kelompok berjulukan Laskar Sambernyawa.

Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, juga mengakui bahwa Persis adalah kelompok yang mana sulit untuk dikalahkan. Dia pun mempunyai catatan siapa cuma pemain yang mana patut diwaspadai dari skuad asuhan Milomir Seslija tersebut.

“Kami akan menjalani pertandingan tandang dan juga itu adalah laga derbi. Jadi pasti akan segera lebih lanjut berat. Persis Solo lalu PSIS juga baru cuma dapat hasil buruk dalam pertandingan pertama. Jadi saya prediksi mereka akan segera lebih banyak agresif untuk meraih kemenangan,” ujar Gilbert Agius.

“Semua pemain Persis bagus. Ada Ramadhan Sananta juga pemain dengan syarat Jepang, Sho Yamamoto. Banyak pemain bagus dalam sana. Moussa Sidibe pemain bagus dan juga berbahaya. Pemain lain juga bagus. Kami telah siapkan warning khusus untuk perketat pertahanan,” ujar ia menambahkan.

Adapun ahli Persis Solo Milomir Seslija mengaku sudah ada paham laga Derby Jateng dinantikan suporter. “Kita sudah ada siapkan kelompok dengan baik untuk dapat poin. Termasuk siapkan analisis juga juga siapkan pasukan dengan baik pula,” kata dia. “Kita telah kerja keras untuk menempuh jalur kemenangan. Sedang PSIS adalah kelompok yang kuat walau baru cuma kalah. Kita siapkan regu untuk laga nanti demi hasil terbaik.” 

Fakta Menarik Jelang Laga Persis Solo vs PSIS Semarang

  1. Persis Solo sapu bersih kemenangan di dua rapat terakhir kontra PSIS Semarang.
  2. Milomir Seslija (Persis Solo) punya catatan kurang baik ketika menghadapi PSIS Semarang setelahnya menelan kekalahan terbesar ketiga dalam kompetisi Kompetisi 1 pada waktu menghadapi Mahesa Jenar (kalah 1-5 pada waktu menangani Arema FC musim 2019).
  3. PSIS Semarang merupakan gawang favorit kedua pribadi Moussa Sidibe di tempat kompetisi Kompetisi (2 gol) pasca Madura United.
  4. Karim Rossi (Persis Solo) selalu mencetak gol di dua rapat kontra PSIS Semarang di dalam kompetisi Turnamen 1.
  5. PSIS Semarang tercatat sebagai pasukan bergerak terbanyak kalah ketiga sepanjang sejarah Turnamen 1 (69 kekalahan).*
  6. Moussa Sidibe (Persis Solo) merupakan salah satu pencetak gol terbanyak kedua di tempat kompetisi Kompetisi 1 untuk instruktur Milomir Seslija (9 gol). Hanya kalah dari Makan Konate yang digunakan berhasil mencetak 16 gol dalam bawah ahli dengan syarat Bosnia & Herzegovina tersebut.
  7. Septian David Maulana (PSIS Semarang) merupakan pemain dengan caps tertinggi dalam kompetisi Turnamen 1 bagi Mahesa Jenar. Pria asli Semarang itu juga jadi satu-satunya pencetak gol untuk PSIS ke gawang Persis Solo dalam pentas domestik.

PSIS Semarang. (Instagram/@psisfcofficial)

5 Pertemuan Terakhir Kedua Tim

17/03/2024 PSIS Semarang 0-2 Persis Solo
16/09/2023 Persis Solo 2-0 PSIS Semarang
17/02/2023 PSIS Semarang 1-1 Persis Solo
03/09/2022 Persis Solo 0-0 PSIS Semarang
21/06/2022 Persis Solo 1-2 PSIS Semarang

5 Laga Terakhir Persis Solo

22/07/2024 Persis Solo 2-2 PSM Makassar
25/07/2024 Persib Bandung 0-1 Persis Solo
31/07/2024 Persis Solo 0-2 Arema FC
03/08/2024 Persis Solo satu-nol Persija Jakarta
10/08/2024 PSM Makassar 3-0 Persis Solo

5 Laga Terakhir PSIS Semarang

16/04/2024 PSM Makassar 3-1 PSIS Semarang
22/04/2024 PSIS Semarang 2-1 Rans Nusantara FC
26/04/2024 PSIS Semarang 3-0 Persikabo 1973
30/04/2024 Persija Ibukota 2-1 PSIS Semarang
11/08/2024 PSIS Semarang 0-1 Persita Tangerang

Perkiraan Susunan Pemain Utama

Persis Solo (4-3-3): Muhamad Riyandi; Eky Taufik, M. Faqih Maulana, Ricardo Lima, M. Faqih Maulana; Gonzalo Acosta, Sho Yamamoto, Sutanto Tan; Karim Rossi, Ramadhan Sananta, Moussa Sidibe

Pelatih: Milomir Seslija

PSIS Semarang (4-4-2): M. Adisatryo; M. Haykal Alhafiz, Joao Silva, Roger Bonet Badia, Riyan Ardiansyah; Boubakary Diarra, Ridho Syuhada Putra, Septian David Maulana; Fernando Jose Gomes Junior, Sudi Abdallah

Pelatih: Gilbert Agius

Prediksi Persis Solo vs PSIS Semarang

Persis Solo punya keuntungan sebagai tuan rumah. Meskipun kalah pada partai pertama Liga 1, Laskar Sambernyawa punya tren lebih besar positif juga miliki rekor rapat lebih besar baik melawan PSIS Semarang di lima konferensi terakhir. Persis Solo adalah pasukan yang tersebut lebih banyak baik di dalam berhadapan dengan kertas dan juga diprediksi memetik kemenangan tipis pada pertandingan ini.

SKOR.ID | PT LIB

Pilihan Editor:PSSI Belum Bayar Sewa Stadion Gelora Bung Tomo untuk Piala AFF U-19 2024, Ini adalah Penerangan Arya Sinulingga

Related Articles