
Ligapedianews.com JAKARTA – Perkembangan sektor gaming atau gim di tempat Indonesia begitu pesat. Hal ini bahkan mendapat dukungan dari pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) No.19 yang salah satu isinya terkait mempercepat perkembangan bidang gim nasional.
Di mana Pilar ke-7 Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2024 menekankan pentingnya peningkatan aktivasi serta apresiasi terhadap produsen gim nasional melalui penyelenggaraan kegiatan berskala nasional, regional, lalu global. Berkaitan dengan itu, inisiasi bidang konten menyelenggarakan inisiatif Wadah Bisnis Perekonomian Kreatif yang dimaksud mempertemukan berbagai stakeholder bidang konten seperti komik, gim, film / animasi dari berbagai negara dengan kreator lokal di area Jakarta.
Kementerian Koordinator Area Kemaritiman dan juga Pengembangan Usaha (Kemenko Marves RI) mengungkap, prospek lingkungan ekonomi gim online pada Tanah Air tak sebesar pangsa global. Untuk gim di dalam bursa global saja, kemungkinan cuannya terus meningkat hingga beratus-ratus miliar Dollar AS.
Pelaksana Tuga (Plt) Asisten Deputi Pengembangunan Sektor Bisnis Kreatif pada Kemenko Marves RI Liz Zeny Merry mengatakan, pada tahun 2022 lalu, prospek duit dari gim bursa global mencapai 249,55 miliar Dollar AS. Pada tahun 2023 perputaran duitnya kembali naik menjadi 281,77 miliar Dollar AS.
“Itu berapa ribu triliun (rupiah), itu (pasar) global. Nah untuk yang tersebut mobile, gim-gim yang mana didominasi oleh wadah mobile ini 136 miliar Dollar Negeri Paman Sam pada 2022, ini sekitar hampir setengahnya dari 250 miliar Dollar AS, duit 136 miliar ini berputar di area mobile gim,” kata Liz pada waktu jumpa pers membuka Festival World Cyber Games (WCG) 2024 di dalam Ibukota Indonesia Pusat pada Selasa (4/6/2024).
Liz mengatakan, prospek duit dari perputaran gim di area Tanah Air pada tahun ini diprediksi hanya sekali 2,5 miliar Dollar Negeri Paman Sam atau sekitar Mata Uang Rupiah 39 triliun. Angka ini tak sebanding dengan tempat Indonesia yang tersebut berada di area tiga besar sebagai pengunduh gim yang ada. “Kalau Indonesia sendiri seperti yang tadi saya bilang itu, 2,5 miliar Dollar Negeri Paman Sam juga Indonesia ini peringkat ketiga pengunduh terbesar di area dunia, ada 3 miliaran yang mana mengunduh gim,” ujar Liz.
Menurut dia, tingginya bilangan pengunduh gim pada Indonesia sebetulnya membuktikan bahwa merek tertarik terhadap gim yang dimaksud ada di area perangkat mobile maupun konsol. Kemenko Marves kemudian menggerakkan penduduk untuk menciptakan gim sendiri, sehingga mampu bersaing dengan pangsa global.
“Potensi-potensi yang bernilai ekonomi untuk Indonesia sendiri, bisa jadi kami switch untuk memacu kreatif anak-anak muda untuk mampu menjadi pencipta dari gim sendiri,” katanya.
Dalam kesempatan itu, Liz mengungkap, ada tujuh tantangan yang tersebut dihadapi untuk mengembangkan ekosistem gim secara mandiri. Pertama pengembangan sumber daya manusia (SDM); kedua pengaktifan akses pembiayaan; ketiga penawaran serta akses pasar. Keempat penyediaan infrastruktur teknologi yang mana memadai juga kompetitif; lalu kelima penyusunan regulasi untuk penguatan sistem ekologi gim nasional serta keenam perkembangan lapangan usaha perangkat keras untuk gim nasional; kemudian ketujuh aktivasi gim nasional di tempat kawasan regional dan juga global.
Atas dasar itulah, Liz menggalang Indonesia menjadi market gim terbesar dalam Asia Tenggara, sekaligus menjadi tuan rumah WCG 2024. Festival multigim terbesar di area dunia ini, sudah ada sejak tahun 2001 lalu dengan melibatkan 111 negara, 76 gim serta 1,5 jt pemain dari seluruh dunia.