olahraga

Profil Eko Yuli Irawan, sang Penggembala Kambing yang dimaksud Mendunia

Eko Yuli Irawan Tak lama lagi akan datang menjadi pembicaraan hangat di dalam Tanah Air pada waktu ia bersiap tampil dalam Olimpiade Paris 2024 , Rabu (7/8/2024) waktu malam WIB. Tapi sebelum rakyat di tempat Tanah Air dibuat senam jantung, tak ada salahnya untuk mengawasi profil singkat dari lifter andalan Indonesia ini.

Eko Yuli merupakan salah satu atlet langganan Indonesia penyumbang medali di dalam Olimpiade. Total, telah empat kepingan medali berhasil dikalungkannya.

Keempat kepingan medali itu didapat pada waktu tampil di area Olimpiade Beijing 2008 (perunggu), Olimpiade London 2012 (perunggu), Olimpiade Rio de Janeiro 2016 (perak) juga Olimpiade Tokyo 2020 (perak). Melihat sederet prestasi membanggakan itu tak aneh apabila penduduk pada Tanah Air menaruh harapan besar di dalam pundak lifter selama Lampung yang disebutkan ketika tampil di tempat Olimpiade Paris 2024.

Publik di area Tanah Air tentu berharap tradisi medali Eko Yuli Irawan berlanjut di dalam Olimpiade 2024. Siapa tahu, pesta olahraga bergengsi di tempat Paris tahun ini sanggup mengakhiri rasa penasarannya merebut medali emas.

Akankah Eko Yuli Irawan mampu mengakhiri rasa penasarannya mengakibatkan pulang medali emas Olimpiade ke Tanah Air? Sebelum terlalu sangat jauh mengeksplorasi perjuangan lifter andalan Indonesia yang digunakan satu ini tak ada salahnya untuk mengintip profil singkat tentang atlet angkat besi ini.

Profil Eko Yuli Irawan

Eko Yuli Irawan lahir pada 24 Juli 1989 di dalam Lampung. Dia terlahir tidak dari keluarga yang dimaksud serba kecukupan. Ayahnya (Saman) berprofesi sebagai tukang becak, sedangkan ibunya (Watsiah) merupakan tukang jualan sayur keliling di dalam kampung halamannya.

Saat masih remaja, Eko harus bekerja keras untuk mendapatkan uang. Dia bekerja sebagai penggembala kambing. Tapi jalan hidupnya secara tiba-tiba berubah ketika mengenal olahraga angkat besi.

Pekerjaannya sebagai penggembala kambing inilah yang digunakan mengantarkannya mengenal angkat besi. Saat itu ia meninjau beberapa jumlah orang sedang berlatih angkat besi di dalam kampung halamannya.

Eko kemudian menjajal olahraga tersebut. Tak lama kemudian ia merasa nyaman juga menekuninya secara penting hingga pada waktu ini. Meskipun sempat mendapat penolakan dari kedua orangtuannya, namun beliau berhasil meyakinkannya dengan menjadi atlet angkat besi profesional.

Namanya mulai dikenal ketika ia dilirik pencari bakat angkat besi hingga akhirnya ditunjuk sebagai atlet angkat besi nasional. Dari sinilah prestasi membanggakan diukir hingga Eko akhirnya dikenal di dalam dunia lantaran berhasil merebut sebagian gelar kejuaraan dalam event internasional.

Kisah hidup Eko Yuli Irawan dapat dijadikan sebagai inspirasi bahwa untuk meraih mimpi dibutuhkan kerja keras.

Related Articles