olahraga

Piala AFF U-19 2024: Head-to-Head Timnas U-19 Indonesia vs Malaysia, Garuda Muda Dihantui Rekor Negatif

Jakarta – Laga Timnas U-19 Indonesia vs Negara Malaysia akan tersaji di laga semifinal ASEAN U-19 Boys Championship atau Piala AFF U-19 2024. Garuda Muda dihantui rekor buruk kala bersua dengan Harimau Malaya.

Kedua kelompok diketahui lolos ke semifinal dengan sama-sama menjadi juara grup. Timnas U-19 Indonesia menjadi juara grup A dengan poin sempurna (9) dari tiga kemenangan. Mereka juga mampu menghasilkan 14 gol dan juga cuma kebobolan dua gol.

Sementara itu, Tanah Melayu mematikan diri melaju ke semifinal usai bermain imbang 1-1 kontra Thailand pada laga terakhir grup C, Kamis, 25 Juli. Hasil yang disebutkan menciptakan kelompok asuhan Juan Torres Garido memuncaki klasemen akhir. Perolehan poin kedua pasukan sejenis (7), tetapi Negara Malaysia unggul selisih gol.

Timnas U-19 Indonesia dan juga Tanah Melayu U-19 tercatat telah empat kali bertemu di tempat kompetisi Piala AFF U-19. Dari semua pertemuan tersebut, Timnas U-19 Indonesia bukan pernah meraih kemenangan. Pasukan Merah Putih menderita tiga kekalahan juga belaka mampu mencatatkan satu hasil imbang.

Duel terakhir kedua pasukan tersaji pada edisi 2019. Kala itu, Timnas U-19 Indonesia yang diperkuat Rizky Ridho, Bagus Kahfi, Rendy Juliansyah, hingga Beckham Putra bermain imbang 3-3 kontra Tanah Melayu di area waktu normal. Kompetisi kemudian berlanjut ke fase tambahan juga Tanah Melayu mampu mencetak satu gol untuk melakukan konfirmasi kemenangan 4-3.

Pelatih Indra Sjafri tidaklah terlalu memikirkan lawan yang tersebut akan dihadapi pada semifinal. Walau begitu, beliau tidak ada menganggap remeh regu lawan. Juru taktik berusia 60 tahun itu akan segera tetap memperlihatkan mempersiapkan pasukan sebaik mungkin.

“Iya kita akan lihat pastinya nanti kita akan lawan siapa. Kalau lawan Thailand kan terakhir kita pada SEA Games, saya cukup kerap lawan Thailand, yang mana agak jarang itu lawan Malaysia. Jadi kita tunggu nanti siapa yang digunakan akan kita lawan, pasca itu kita respons bagaimana merespon mereka,” ujar beliau pada pertemuan jumpa pers usai laga kontra Timor Leste, Rabu, 23 Juli.

Pelatih Juan Torres Garido pertemuan dengan Timnas U-19 Indonesia menjadi kerugian besar bagi timnya. Menurut dia, Pasukan Merah Putih memiliki jeda waktu istirahat yang digunakan lebih lanjut lama dari anak asuhnya. “Mereka (Indonesia) punya tambahan dari 24 jam ekstra, daripada kami. Sebuah keuntungan besar bagi mereka, tetapi itu adalah turnamen. Kami harus menyesuaikan kondisi. Kami akan bersiap di tempat hari terakhir sesuai jadwal. Kami akan menghadapi (Indonesia) dengan cara terbaik.”

Head to Head Timnas U-19 Indonesia vs Negara Malaysia U-19

17/08/2019 Indonesia 3-4 Malaysia
12/07/2018 Tanah Melayu 1-1 Indonesia (Malaysia menang 3-2 lewat adu penalti)
06/11/2017 Tanah Melayu 4-1 Indonesia
18/09/2013 Indonesia 1-1 Malaysia

Pesepak bola Timnas Tanah Melayu Muhammad Aiman Hakimi (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Jirapong Pungviravong (kanan) pada penyisihan grup C Piala ASEAN U-19 Boys Championship atau AFF U-19 di dalam Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 25 Juli 2024. Timnas Malaya dan juga Thailand melaju ke sesi semifinal Piala ASEAN U-19 Boys Championship atau AFF U-19 usai bermain imbang dengan skor 1-1. ANTARA/Rizal Hanafi.

Pilihan Editor: Prediksi Timnas U-19 Indonesia vs Negara Malaysia dalam Semifinal Piala AFF U-19 2024: Jadwal Live, H2H, Estimasi Susunan Pemain

Related Articles