olahraga

Kejuaraan Jerman, sekilas sejarah serta 18 klub kontestan musim 2024/2025

Ibukota Indonesia – Turnamen Jerman atau Bundesliga yang mana miliki nama lengkap Fußball-Bundesliga merupakan kompetisi liga sepak bola profesional Jerman yang mana dibentuk pada tahun 1963.

Perkembangan struktur liga profesional dalam Jerman pada waktu itu terbilang cukup lambat melebihi negara Eropa lain, yang tersebut telah dilakukan mempunyai sistem kompetisi sepak bola profesional tambahan dulu.

Sebelum terbentuknya Bundesliga, pertandingan sepak bola di dalam Jerman dimainkan di tempat tingkat amatir dalam beberapa jumlah besar sub-regional liga.

Menurut laman resmi Bundesliga, dengan Jerman yang digunakan terbagi menjadi dua hingga reunifikasi pada 1990, wilayah timur negara itu menjalankan sistemnya sendiri melalui DS-Oberliga dari tahun 1948 hingga 1991.

DS-Oberliga yang kemudian berganti nama menjadi Fußball Oberliga DFV pada 1958 telah terjadi membentuk struktur liga Timur. Kala itu semuanya masih amatir atau semi-profesional lalu penggabungan Oberligen Jerman Barat menandai era baru profesionalisme sepak bola dalam negara tersebut.

Seiring berjalan-nya waktu, perkembangan sistem liga sepak bola profesional dalam Jerman terus meningkat. Terbukti dari di tempat ini lahir tim-tim besar seperti Bayern Munchen, Borussia Dortmund, FC Schalke, kemudian Bayer Leverkusen.

Saat ini, Bundesliga dihadiri oleh 18 pasukan serta total 504 pemain profesional di tempat dalamnya. Bayer Leverkusen sang juara bertahan berupaya mempertahankan gelarnya pada musim 2024/2025 ini.

Dua pasukan promosi, yaitu FC St. Pauli juga Holstein Kiel juga siap menjadi penantang pada kompetisi Bundesliga tahun ini.

Lalu, siapa belaka 18 pasukan yang mana akan berlaga itu? Simak selengkapnya.

1. Bayern Munchen

Klub yang tersebut bermarkas di dalam Allianz Arena ini merupakan regu tersukses pada jerman dengan torehan 33 kali gelar kejuaraan juara liga juga 20 kali juara piala Jerman (DFB Pokal).

2. Bayer Leverkusen
​​​​​​​

Klub yang mana mempunyai nama lengkap Bayer 04 Leverkusen Fußball GmbH ini merupakan klub sepak bola profesional Jerman yang tersebut berbasis dalam kota Leverkusen, negara bagian Nordrhein-Westfalen. Klub yang dimaksud merupakan juara liga Jerman musim lalu ini (2023-2024) berhasil meraih penghargaan juaranya tanpa sekalipun kalah pada satu musim.

Lewat tangan dingin Xabi Alonso sebagai sang pelatih, mampukah Bayer Leverkusen mempertahankan performa apiknya dalam musim ini?

3. RB Leipzig
​​​​​​​

Walau terbilang masih baru, regu ini kerap memberi kejutan di perjalanannya pada liga Jerman. Tim yang dimaksud berdiri sejak tahun 2009 ini merupakan regu yang mana dibentuk oleh perusahaan minuman berenergi, setelahnya membeli hak kelompok divisi kelima, SSV Markranstädt dengan maksud untuk memajukan klub baru ke divisi liga yang digunakan lebih banyak besar, yaitu Bundesliga.

RB Leipzig pada waktu ini sudah mengantongi 2 penghargaan DFB Pokal atau Piala Jerman.

4. Borussia Dortmund
​​​​​​​

Berdiri tanggal 19 Desember 1909, pasukan yang tersebut bermarkas di area kota Dortmund ini miliki warna khas warna kekuningan serta hitam sebagai identitas-nya.

Tim ini merupakan pesaing penting bagi Bayern Munchen di persaingan merebut gelar kejuaraan juara Bundesliga.

Dengan catatan 8 gelar kejuaraan juara liga kemudian 5 peringkat juara DFB Pokal (Piala Jerman), The Borussian termasuk pasukan yang sukses di dalam kancah sepak bola Jerman.

5. VfB Stuttgart
​​​​​​​

Klub yang tersebut berdiri tahun 1893 ini berasal dari penggabungan Stuttgarter FV dan Kronen-Club Cannstatt yang terdiri dari murid sekolah dengan akar kelas menengah yang baru belajar olahraga seperti rugby union juga sepak bola.

Stuttgart tidak sembarang tim, di area musim lalu merek berhasil menempati sikap Runner-up dengan perolehan 73 poin dari 34 pertandingan dengan 23 kali menang, 4 kali seri, serta 7 kali kalah.

Selama kiprahnya, merek telah terjadi meraih 5 kali juara liga serta 3 kali juara piala Jerman.

6. Eintracht Frankfurt
​​​​​​​

Frankfurt mempunyai sejarah panjang di sepak bola Jerman. Berdiri sejak tahun 1899, kelompok ini juga dikenal dengan permainan agresif juga kerja mirip regu yang solid.

Klub ini kerap tampil mengejutkan, khususnya pada kompetisi Eropa, serta miliki pendukung yang mana sangat fanatik.

Eintracht Frankfurt sudah mengoleksi 1 peringkat liga Jerman dan juga 5 peringkat Piala Jerman.

7. VfL Wolfsburg
​​​​​​​

Bermarkas di tempat Volkswagen Arena, pasukan ini didirikan pada tanggal 12 September 1945. Dikomandoi oleh Ralph Hasenhüttl sebagai instruktur kepala, Wolfsburg mempunyai komitmen untuk menjadi regu yang tersebut konsisten di area Kompetisi Jerman, regu ini juga kerap menyulitkan tim-tim lain.

Tidak hanya saja pada kancah domestik, kelompok ini juga seringkali bersaing dalam liga Eropa seperti UCL lalu UEL.

Wolfsburg telah lama memiliki 1 penghargaan Bundesliga juga 1 gelar kejuaraan DFB Pokal (Piala Jerman).

8. SC Freiburg
​​​​​​​

Sport-Club Freiburg atau SC Freiburg merupakan sebuah regu sepak bola Jerman yang digunakan bermain di area Bundesliga. Didirikan pada tahun 1904 sebagai Freiburger Fußballverein 04.

Tim ini bermarkas di area Freiburg, serta memainkan pertandingan kandangnya di tempat Europa-Park yang berkapasitas 34.700 penonton. Seragam merek berwarna merah.

Freiburg belum pernah menyicipi penghargaan juara Bundesliga. Namun, kelompok ini pernah 2 kali merasakan gelar kejuaraan Bundesliga.2 (Kasta kedua liga Jerman).

9. TSG 1899 Hoffenheim
​​​​​​​

Turn- und Sportgemeinschaft 1899 Hoffenheim e.V. merupakan sebuah pasukan sepak bola Jerman yang tersebut didirikan pada tahun 1899.

Bermarkas pada Hoffenheim, sebuah desa dalam Sinsheim. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya dalam PreZero-Arena yang berkapasitas 30.000 penonton. Seragam kebesaran mereka itu berwarna biru.

Hoffenheim sanggup dibilang sebagai regu yang minim gelar, dilansir dari situs Transfermarkt, mereka itu semata-mata tercatat menjuarai Landespokal Baden sebanyak 4 kali.

Landespokal Baden adalah salah satu turnamen antar regional di tempat Jerman lalu tidak ada menjadi event yang tersebut begitu bergengsi.

10. Borussia Mönchengladbach
​​​​​​​

Borussia VfL 1900 Mönchengladbach e.V., dikenal sebagai Borussia Mönchengladbach, adalah klub sepak bola Jerman yang bermarkas di area kota Mönchengladbach.

Masa keemasan klub ini adalah dekade tahun 1970-an pada mana merek memenangi 5 gelar kejuaraan Bundesliga serta 2 penghargaan Piala UEFA. Setelah itu prestasi merek mengecil lalu sempat merasakan pentas divisi dua liga Jerman.

Tim ini juga berhasil meraih 3 gelar kejuaraan Piala Jerman (DFB Pokal) dalam musim 1994/95 , 1972/73 , dan juga 1959/60.

Belakangan ini Mönchengladbach juga kerap melahirkan penggawa hebat seperti Marcus Thuram, Yann Sommer, Breel Embolo, hingga Manu Kone.

11. FC Union Berlin
​​​​​​​

Union Berlin mempunyai nama lengkap 1. Fußballclub Union Berlin e. V. merupakan sebuah klub sepak bola jika Jerman yang tersebut bermain di area Bundesliga.

Didirikan pada tahun 1966 lalu berbasis di area Köpenick, sebelah tenggara Berlin. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di tempat Stadion Alte Försterei yang dimaksud berkapasitas 22.012 penonton.

Dari 2009 hingga 2010, merekan berkompetisi di tempat Bundesliga.2, kasta kedua sepak bola Jerman.

Pada tahun 2010, pasca mengalahkan VfB Stuttgart di play-off degradasi, Union Berlin mendapatkan tiket iklan ke liga teratas, Bundesliga, untuk ke lima kalinya.

Stadion kandang dia adalah stadion terpendek di area ibu kota Jerman kemudian dibuka pada tahun 1920.

Stadion ini juga menyelenggarakan konser juga acara tahunan Weihnachtssingen Christmas carols.

Klub ini juga menjadi terkenal sebab penggemarnya yang antusias lalu kreatif juga menyanyikan lagu kebesarannya "Eisern Union".

12. SV Werder Bremen
​​​​​​​

klub sepak bola yang mana berbasis di dalam kota Bremen, Jerman ini adalah klub sepak bola yang dimaksud disegani dalam kompetisi Bundesliga. Dengan permainan sepak bola aktraktif lalu menyerang, Werder Bremen merupakan kelompok sepak bola yang digunakan sejumlah menciptakan gol ke gawang lawan di satu musim.

Werder Bremen pernah meraih kesuksesan di tempat eropa, ketika berhasil meraih Piala Winners Eropa tahun 92. Di laga final mereka itu mengalahkan Amerika Serikat Monaco 2-0 melalui gol Klaus Allofs juga Wynton Rufer.

Di edisi terakhir Piala Eropa tahun 2009 Bremen sukses mencapai final di tempat mana dia bertemu regu tanah Ukraina Shakhtar Donetsk. Bremen Kalah melalui perpanjangan waktu, dengan hasil akhir 2-1.

Werder Bremen total telah lama meraih 4 penghargaan Bundesliga lalu 6 peringkat DFB Pokal (Piala Jerman).

13. FC Augsburg
​​​​​​​

Fußball-Club Augsburg 1907 e. V., atau dikenal sebagai FC Augsburg merupakan sebuah pasukan sepak bola Jerman yang tersebut bermain di area divisi utama Bundesliga. juga didirikan pada tahun 1907.

Tim ini berasal dari kota Augsburg kemudian bermarkas di area WWK Arena yang mana berkapasitas 30.660 penonton.

Augsburg masih minim gelar kejuaraan juara kemudian hanya saja pernah menjuarai acara kompetisi regional saja.

14. FSV Mainz 05

Merupakan klub sepak bola yang digunakan berbasis di tempat kota Mainz.

Selama berkompetisi di tempat liga profesional, Mainz belum pernah meraih prestasi yang tersebut prestisius. Total mereka itu cuma pernah merah 1 gelar kejuaraan German Amateur Championship dan 3 gelar kejuaraan Landespokal Sudwest Winner (Turnamen sepak bola regional).

Tim ini bermarkas di tempat Mewa Arena yang tersebut miliki kapasitas 33.305 penonton.

15. VfL Bochum
​​​​​​​

Klub ini berdiri pada tahun 1848, namun pada ketika itu belum menjadi sebuah klub sepak bola melainkan belaka sebagai perkumpulan olahraga khususnya senam.

Kemudian, barulah pada tahun 1911 regu ini memiliki cabang sepak bola. Prestasi terbaik yang digunakan dimiliki Vfl Bochum adalah sebagai juara 4 kali Bundesliga.2 (kasta kedua sepak bola Jerman), finalis Piala Jerman pada tahun 1968 dan juga 1988.

Selain itu, klub ini belum pernah sekalipun menorehkan prestasi yang digunakan bergengsi.

16. FC Heidenheim 1846

FC Heidenheim 1846 adalah klub sepak bola Jerman dari kota Heidenheim, Baden-Württemberg. Klub ini sebenarnya berdiri sejak 1846, namun serupa seperti Bochum, klub ini tadinya cuma sebuah perkumpulan olahraga.

Barulah pada 1972 klub ini resmi membentuk kesebelasan sepak bola. Lalu, di tempat tahun 2007 klub ini memisahkan diri dari Heidenheimer Sportbund, persatuan olahraga yang tersebut lebih banyak besar yang miliki 5.800 anggota di area 27 departemen yang digunakan sebelumnya menaungi klub ini.

Kemandirian sisi sepak bola yang dimaksud diambil pasukan ini, memungkinkan mereka itu beroperasi pada bawah standar ekonomi yang digunakan lebih lanjut ketat yang mana ditetapkan untuk klub profesional yang dimaksud merupakan anggota Asosiasi Sepak Bola Jerman.

17. FC St. Pauli
​​​​​​​

Tim sepak bola yang mempunyai ideologi sayap kiri ini, memberikan ruang bagi para suporter-nya untuk mengambil bagian andil pada menentukan tujuan kemudian kebijakan kelompok tersebut.

Dengan prinsip kebersamaan juga kesetaraan, menimbulkan pasukan ini terus bertahan tanpa campur tangan kekuasaan kegiatan bisnis di tempat di kepemilikan tim.

Memiliki nama lengkap Fußball-Club St Pauli von 1910, regu ini berasal dari kota Hamburg kemudian identik dengan lambang tengkorak yang digunakan melambangkan warga kelas menengah ke bawah atau kelas pekerja.

Tim ini sudah meraih 2 kali gelar kejuaraan juara Bundesliga.2 (kasta kedua sepak bola Jerman), namun belum pernah sukses dalam kasta tertinggi Bundesliga.

18. Holstein Kiel
​​​​​​​

Sama seperti ST. Pauli, regu ini juga kontestan baru di Bundesliga musim 2024/2025.

Didirikan pada 7 Oktober 1900, regu ini bermarkas dalam Holstein Stadion yang tersebut berkapasitas 15.034 penonton.

Tim ini sukses meraih 13 penghargaan juara piala regional dalam wilayah Holstein juga 1 kali juara liga Jerman pada musim 1911/1912.

Related Articles