olahraga

Alasan IOC Tunjuk Los Angeles Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2028

Jakarta – Olimpiade Paris 2024 telah dilakukan usai. Pergelaran pesta olahraga terbesar di area dunia itu akan kembali pada 4 tahun ke depan. Perkotaan Los Angeles terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2028.

Meski penyelenggaraannya masih beberapa tahun lagi, namun sebenarnya penetapan Los Angeles, Amerika Serikat sebagai tuan rumah telah dilaksanakan sejak 2017, berbarengan dengan penunjukan Pusat Kota Paris sebagai tuan rumah Olimpiade 2024. Lalu bagiamana Los Angeles sanggup ditetapkan jadi tuan rumah olimpiade?

Melansir dari laman olimpics.com, Komite Olimpiade Internasional  (IOC) melakukan sidang 11 Juli 2017. Dalam sidang yang disebutkan kontestan menyeujui bahwa Paris kemudian Los Angles berturut-turut menjadi tuan rumah Olimpiade 2024 dan juga 2028.

“Ini adalah sesuatu yang belum pernah kita lihat pada dimensi ini sebelumnya, juga akan mengarah pada pengurangan biaya yang mana signifikan pada penyelenggaraan Olimpiade serta akan menghasilkan Olimpiade lebih banyak berkelanjutan juga lebih tinggi layak,” kata Presiden Bach pada konferensi pers pada 9 Juni 2017, pasca Dewan Eksekutif IOC mengajukan usulan untuk menyelenggarakan kedua Olimpiade dalam waktu yang mana sama.

Dalam pengambilan putusan yang dimaksud diadakan dengan pemungutan ucapan di sidang di tempat ibukota Peru, Rabu. Namn, pada pemungutan pendapat yang dimaksud sebenarnya tidaklah ada kandidat lain yang dimaksud mencalonkan diri untuk menjadi tyuan rumah olimpiade 2028. Maka secara sah Presiden IOC Thomas Bach menyatakan suara-suara untuk kedua kota itu (Paris dan juga Los Angles) untuk jadi tuan rumah Olimpiade “sudah bulat.”

Kesempatan menjamu para atlet dunia pada event Olimpiade tidak baru pertama kali akan dirasakan Los Angles. Sebelumnya Los Angles sudah ada dua kali menyelenggarakan pesta olahraga akbar ini yakni pada 1932 serta 1984. Olimpiade Los Angeles 2028, ditaksir akan menelan anggaran sekitar US$ 5,3 miliar, akan secara esensial mengikuti rencana yang tersebut merekan miliki untuk 2024, termasuk perkampungan atlet di tempat kampus UCLA.

IOC pada Juli memutuskan untuk menunjuk tuan rumah kedua edisi Olimpiade itu di dalam ketika yang digunakan sama. Hl itu diadakan menyusul pengunduran diri empat dari enam kota yang mana mengajukan penawaran untuk Olimpiade 2024, di area berada dalam kecemasan perihal ukuran, biaya, juga kompleksitas mengorganisir turnamen olahraga multi cabang terbesar di tempat dunia ini.

Los Angeles kemudian menarik tawarannya untuk Olimpiade 2024, yang dimaksud telah dilakukan menjalani proses kampanye selama lebih besar dari dua tahun, untuk kembali menjadi tuan rumah Olimpiade 2028. Ini adalah merupakan pertama kalinya IOC menunjuk tuan rumah Olimpiade untuk jangka waktu 11 tahun ke depan.

Langkah itu dijalankan badan Olimpiade ini untuk mengamankan masa depan barang utama merekan ini, pasca Boston, Budapest, Roma, juga Hamburg menarik diri, lantaran kecemasan terkait biaya tinggi dan juga penentangan pada kancah lokal.

Pembahasan mengenai penyelenggaran Olimpiade Los Angles 2028 mendatang telah membicarakan mengenai penambahan cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan. IOC menyepakati tambahan lima cabang olahraga agar dipertandingkan di kompetisi Olimpiade Los Angles, 2028 mendatang. Kelima cabang olahraga tambahan yang tersebut dimaksud adalah bisbol-sofbol, kriket, lacrosse, flag football, dan juga squash (tenis dinding).

Thomas juga menjelaskan alasan memilih lima olahraga baru yang disebutkan dikarenakan menyesuaikan dengan kultur olahraga yang digunakan ada dalam Amerika Serikat serta sebagai event pemasaran terhadap olahraga yang dimaksud untuk negara-negara lain.

“Pemilihan lima cabang olahraga baru yang dimaksud sejalan dengan kultur olahraga Amerika Serikat. Kami akan menunjukkan olahraga ikonik Amerika Serikat terhadap dunia sekaligus mengakibatkan olahraga internasional ke Amerika Serikat,”  kata Thomas Bach pada Sesi IOC ke-141 yang mana dilakukan di area India pada Senin, 16 Oktober 2023.

“Kelima cabor ini akan menjadikan Olimpiade Los Angeles 2028 unik. Hal ini juga memungkinkan Olimpiade untuk terlibat dengan atlet baru kemudian komunitas penggemar di tempat Amerika Serikat lalu global,” kata Bach.

Dalam kesempatan tersebut, IOC juga memutuskan untuk tak menerima pengajuan cabang olahraga break dance, karate, kickboxing, lalu motorsport pada Olimpiade 2028 yang digunakan akan diselenggarakan di dalam Daerah Perkotaan Los Angles, Amerika Serikat.

Related Articles