olahraga

3 Hal Tentang Veddriq Leonardo pasca Terima Bonus Emas Olimpiade Paris 2024 dari Jokowi

Jakarta – Atlet panjat tebing peraih medali emas Olimpiade Paris 2024 Veddriq Leonardo telah dilakukan menerima bonus Rupiah 6 miliar dari pemerintah. Penyerahan bonus dijalankan oleh Presiden Joko Widodo di area dalam Halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis, 15 Agustus.

Simak banyak fakta mengenai Veddriq Leonardo setelahnya penerimaan bonus itu:

Ingin Berangkatkan Orang Tua Naik Haji

Veddriq Leonardo mengungkapkan dirinya akan menggunakan bonus yang diterimanya untuk memberangkatkan orang tuanya pergi menunaikan ibadah haji.

“Ya niat yang pasti yang mana utama nih buat orangtua dulu, orang tua juga pasti pengen ibadah haji gitu kan,” kata Veddriq ketika hendak mengikuti arak-arakan pawai juara dari Kantor Kemenpora, Kamis.

Atlet panjat tebing Veddriq Leonardo berpose dengan bendera merah putih pada waktu berselebrasi pasca berhasil meraih medali emas usai final Le Bourget Sport Climbing Venue, Le Bourget, 8 Agustus 2024. REUTERS/Benoit Tessier

Prioritas kedua untuk pemanfaatan bonusnya, kata Veddri diperuntukkan untuk permintaan keluarganya serta terakhir untuk membantu memajukan olahraga panjat tebing pada Indonesia.

“Kemudian buat keluarga kemudian juga buat panjat tebing sendiri gitu minimal punya partisipasi lah dari apresiasi yang digunakan sudah diberikan. Itu buat kemajuan olahraga panjat tebing juga,” kata dia.

Veddriq juga akan menginvestasikan bonus itu lalu memberikan untuk keluarganya. “Invetasinya yang dimaksud simple-simple aja seperti tanah, mungkin, emas, atau saham, reksadana,” katanya.

Jadi Motivasi untuk Olimpiade Berikutnya

Veddriq Leonardo ketika ini berusia 27 tahun. Ia masih sangat berpeluang untuk mengulang prestasinya di tempat Olimpiade berikutnya, di dalam Los Angeles, Amerika Serikat, pada 2028.

Veddriq menyatakan prestasinya di dalam Olimpiade Paris 2024 menjadi motivasi tambahan baginya untuk berlaga pada Olimpiade mendatang. Ia merasa optimistis menghadapi persaingan level duania.

“Kita unggul dari negara unggulan seperti Amerika (Serikatt) juga Cina, itu memberikan motivasi tambahan bagi saya untuk Olimpiade dalam LA 2028 nanti,” kata Veddriq pada Istana Kepresidenan Jakarta.

Veddrig mengapresiasi dukungan dari penonton Indonesia ketika atlet panjat tebing nomor speed putra itu meraih medali emas. Ia juga menceritakan kesannya ketika tiba di tempat kampung atlet juga bergabung dengan atlet-atlet unggulan lainnya.

Suasana di dalam kampung atlet Paris, kata Veddriq, semakin menambah motivasinya untuk berlaga di tempat kompetisi olahraga sedunia tersebut. “Suasananya sangat luar biasa, kita bisa saja bergabung dengan atlet-atlet elite, yang digunakan memang sebenarnya prestasinya luar biasa. Sangat menginspirasi lalu di area situ memberikan motivasi tambahan buat saya, yang digunakan akan berjuang dalam Olimpiade,” kata Veddriq.

Minta Prabowo Perhatikan Panjat Tebing

Veddriq Leonardo berharap Presiden Joko Widodo kemudian Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih 2024-2029 untuk terus memperhatikan olahraga panjat tebing agar terus berprestasi ke depannya.

Atlet panjat tebing nomor speed putra itu mengungkapkan hal ini ketika ia berada di dalam Kantor Kemenpora, Kamis, pada waktu hendak memenuhi undangan Presiden Joko Widodo di area Istana Negara pada hari yang dimaksud sama.

Perhatian Presiden, kata Veddriq, diharapkan setidaknya mampu mempertahankan emas yang dimaksud diraihnya pada Olimpiade Los Angeles 2028 atau empat tahun mendatang.

“Pertama kalau ketemu Presiden Jokowi yang digunakan pasti mau ucapin terima kasih menghadapi semua apresiasi kemudian juga semua agar supportnya,” kata dia.

“Kemudian ingin minta panjat tebing masih didukung gitu lah, di-support agar prestasinya juga mampu makin meningkat agar minimal bisa jadi mempertahankan prestasi.” 

Langkah Veddriq mendapatkan medali emas di dalam Site d’escalade du Bourget, Paris, pekan lalu terbilang mulus lantaran sejak elimination seeding sampai final, atlet dengan syarat Pontianak, Kalimantan Barat itu belum pernah kalah.

Ia mengawali langkahnya dengan mengalahkan perwakilan tuan rumah Bassa Mawem pada sesi penyisihan. Ia lalu mengalahkan rekan senegaranya, Rahmad Adi Mulyono, pada putaran eleminasi.

Di perempat final, ia kembali mengalahkan Mawem. Atlet Iran Rezza Ali Pour ia kalahkan dalam semifinal. Sedangkan di tempat final ia mengalahkan atlet Cina Wu Peng.
 Emas Veddriq Leonardo menjadi salah satu dari dua yang mana diraih Indonesia pada Olimpiade Paris 2024. Dua emas itu dilengkapi sekeping perunggi.

Related Articles