olahraga

Shin Tae-yong: Kedatangkan Asisten Pelatih Yeom Ki-hun untuk Atasi Sisi Terlemah Timnas Indonesia

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyatakan kedatangan Yeom Ki-hun sebagai instruktur khusus striker bertujuan untuk menutupi sisi terlemah skuadnya pada waktu ini.

Ketika ditemui awak media pada waktu menonton laga Turnamen 1 Indonesia 2024/2025 antara Malut United melawan Persebaya Surabaya di dalam Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jumat, Shin menyatakan kedatangan Yeom untuk mengatasi sisi terlemah skuadnya yang mana menurutnya berada di dalam barisan striker.

Striker dalam Timnas kerap diisi oleh Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen, Dimas Drajad, kemudian Ramadhan Sananta.

Pelatih jika Korea Selatan itu juga pernah melibatkan pemain muda Hokky Caraka. Namun, kelihatannya semuanya belum ada yang digunakan membuatnya puas.

“Jadi saya mengamati memang benar di dalam timnas ketika ini kurang untuk cetak gol kemudian peluang-peluang yang mana ada pun sangat sulit untuk tercipta gol,” kata pembimbing 53 tahun itu.

“Saya bisa saja baca kedudukan paling lemah dalam timnas sekarang itu striker. Maka itu saya bawa instruktur striker biar timnas kita makin baik lalu berbagai cetak gol,” tambahnya.

Kedatangan Yeom sebagai instruktur khusus striker sempat menciptakan rakyat beranggapan bahwa skuad Garuda akan kedatangan striker keturunan anyar untuk dimainkan di tempat Kualifikasi Ronde 3 Piala Planet 2026 zona Asia, September nanti.

Namun, ketika disinggung tentang hal itu, Shin mengungkapkan “striker baru belum ada”.

Selama kariernya, Yeom telah lama mencetak 103 gol juga 131 assist. Di timnas Korea Selatan, pria yang digunakan pada masa kini berusia 41 tahun itu menyarangkan lima gol dari 57 caps.

Kedatangan Yeom menciptakan timnas menambah struktur ahli yang digunakan banyak dihiasi wajah Korea Selatan setelahnya sebelumnya ada nama-nama seperti Choi In-cheol (asisten pelatih), Cho Byung-kuk (asiaten pelatih, Kim Bong-soo (pelatih kiper), Yoo Jae-hoon (pelatih kiper), hingga Shin Sang-gyu (pelatih fisik).

Related Articles