olahraga

5 Fakta Menarik Jelang Laga Timnas U-19 Indonesia vs Negara Malaysia pada Semifinal Piala AFF U-19 2024

Jakarta – Turnamen sepak bola kelompok umur ASEAN U-19 Boys Championship atau Piala AFF U-19 2024 sudah pernah memasuki putaran semifinal. Timnas U-19 Indonesia akan segera berhadapan dengan Malaya dalam Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada hari ini Sabtu, 27 Juli, mulai pukul 19.30 WIB. Kompetisi disiarkan segera oleh Indosiar kemudian Vidio.

Menjelang pertandingan berlangsung, terdapat berbagai fakta menarik dari kedua tim. Mulai rekor head to head hingga kondisi para pemain dari masing-masing tim.

Berikut ini 5 fakta menarik mendekati laga Timnas U-19 Indonesia vs Tanah Melayu di area semifinal Piala AFF U-19 2024:

1. Rekor Negatif Timnas U-19 Indonesia

Timnas U-19 Indonesia dihantui dengan rapor buruk melawan Tanah Melayu dalam Piala AFF U-19 2024. Dari empat pertemuan sebelumnya, Garuda Muda bukan pernah meraih kemenangan dengan catatan tiga kali kalah kemudian satu kali imbang.

Duel terakhir kedua pasukan tercipta pada edisi 2019. Kala itu, Timnas U-19 Indonesia yang mana diperkuat Rizky Ridho, Bagus Kahfi, Rendy Juliansyah, hingga Beckham Putra bermain imbang 3-3 kontra Malaya dalam waktu normal. Kompetisi kemudian berlanjut ke fase tambahan serta Harimau Malaya mampu mencetak satu gol untuk memverifikasi kemenangan 4-3.

2. Rapor Merugikan Indra Sjafri

Bukan semata-mata Timnas U-19 Indonesia yang miliki catatan buruk kontra Malaysia. Pelatih Indra Sjafri juga kerap menemui hasil yang digunakan tak diinginkan ketika menghadapi Harimau Malaya.

Juru taktik berusia 60 tahun itu tercatat sudah ada lima kali bertemu dengan Malaysia, baik ketika menangani Timnas U-19 maupun Timnas U-22. Hasilnya, Indra Sjafri tak pernah meraih kemenangan dengan catatan tiga kali imbang juga dua kali kalah.

Terakhir kali Indra Sjafri berhadapan dengan Tanah Melayu ketika menangani Timnas U-22 Indonesia dalam Piala AFF U-19 2022. Pasukan Garuda kala itu bermain imbang 2-2 pada fase grup.

3. Perbedaan Jeda Waktu Istirahat Timnas U-19 Indonesia kemudian Malaysia

Menjelang laga Timnas U-19 Indonesia vs Malaysia, para pemain dari kedua pasukan berada pada kondisi yang tersebut berbeda. Garuda Muda terbilang diuntungkan oleh sebab itu memiliki jeda waktu istirahat yang tersebut tambahan lama ketimbang Harimau Malaya.

Jens Raven juga kawan-kawan memainkan pertandingan terakhir grup A pada Selasa, 23 Juli lalu. Artinya ada jeda waktu tiga hari untuk para pemain melakukan pemulihan. Berbeda dengan Malaya yang dimaksud baru menyelesaikan pertandingannya pada Kamis, 25 Juli. Dengan begitu, kelompok asuhan Juan Torres Garrido cuma mempunyai waktu istirahat selama satu hari.

4. Welber Jardim Dipastikan Fit

Kabar baik untuk Timnas U-19 Indonesia menjauhi laga kontra Malaysia. Pemain keturunan Welber Jardim dipastikan fit usai sebelumnya mengalami cedera lutut pada pertandingan terakhir grup A melawan Timor Leste.

Pelatih Indra Sjafri mengungkapkan Welber sudah ada mengambil bagian di pembukaan latihan untuk duel  melawan Harimau Malaya. “Satu hari setelahnya cederanya Welber kita tangani dengan baik kemudian hari kedua Welber sudah ada latihan juga siap untuk main besok.”

5. Duel Dua Tim Paling Subur

Laga Timnas U-19 Indonesia vs Tanah Melayu di tempat semifinal Piala AFF U-19 2024 akan menjadi duel dua kelompok paling subur selama fase grup. Garuda Muda tercatat menimbulkan 14 gol serta hanya sekali kebobolan dua gol. Jens Raven, Kadek Arel, juga Iqbal Gwijangge menjadi top skor regu dengan masing-masing mengoleksi tiga gol.

Adapun Harimau Malaya diketahui menorehkan 17 gol dengan hanya saja kebobolan satu gol selama fase grup. Pavithran Gunalan menjadi top skor sementara kelompok dengan koleksi empat gol, disusul Abid Safaraz yang digunakan sudah ada mencetak tiga gol.

Pilihan Editor: Prediksi Timnas U-19 Indonesia vs Tanah Melayu di tempat Semifinal Piala AFF U-19 2024: Jadwal Live, H2H, Proyeksi Susunan Pemain

Related Articles