teknologi

Info Terkini Gempa M4,5 Guncang Gunungkidul, BMKG: Gempa Susulan ke-258 di tempat Zona Megathrust

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan juga Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik mengguncang wilayah Gunungkidul, Yogyakarta, juga sekitarnya pada hari Kamis, 12 September 2024 pukul 10.25.13 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini miliki parameter dengan magnitudo M4,5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.72° LS kemudian 110.25° BT tepatnya di dalam laut pada jarak 90 kilometer arah barat daya Gunungkidul, DIY, dengan kedalaman 30 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter kemudian kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang tersebut terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi batuan di area bidang kontak antar lempeng (megathrust),” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi kemudian Tsunami BMKG Daryono, Kamis.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan pada tempat Gunungkidul, Bantul, Pacitan, Wonogiri II MMI, yaitu getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga pada waktu ini belum ada laporan dampak kehancuran yang tersebut ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Hingga hari Kamis, 12 September 2024 pukul 11.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan gempa bumi ini merupakan bagian rangkaian gempa bumi Gunungkidul M5,8  yang terjadi pada hari Hari Senin tanggal 26 Agustus 2024 pukul 19.57.42 Waktu Indonesia Barat juga sudah pernah tercatat adanya 258 kali gempa bumi susulan (aftershock).

Pilihan Editor: Daftar HP Tidak Mendapat Pembaruan Android 15 lalu Prakiraan Cuaca BMKG di tempat Top 3 Tekno

Related Articles