berita terbaru

UI Bantah Ada Joki atau Orang Dalam di dalam Proses Seleksi Jalur Mandiri

Jakarta – Universitas Indonesia (UI) menegaskan penyelenggaraan seleksi calon siswa baru melalui jalur seleksi mandiri menggunakan sistem yang mana cermat. Mereka mengkritik adanya praktik perjokian atau bantuan dari orang di pada waktu proses ujian, untuk meloloskan calon kontestan menjadi siswa UI.

Kepala Biro Hubungan juga Keterbukaan Pengetahuan Publik UI, Amelita Lusia mengimbau terhadap publik yang mana menemukan atau mengetahui pihak yang dimaksud agar dapat melaporkannya secara resmi. “Jika memang benar terbukti melakukan ketidakjujuran atau kecurangan, maka UI akan mengambil tindakan yang tersebut sesuai,” kata beliau melalui keterangan tertulis, Selasa, 16 Juli 2024.

Amelita mengungkapkan isu yang meresahkan atau merusak konsentrasi para calon peserta didik baru kerap terjadi pada waktu proses seleksi masuk (SIMAK) UI. Salah satunya, ada pihak yang mana mengaku mendapatkan bantuan dari seseorang untuk diterima masuk ke UI. Ada juga pihak yang dimaksud menawarkan bantuan mengaku sebagai orang dalam.

Namun, Amelita menjelaskan UI mempertimbangkan juga memperhatikan dengan cermat kemungkinan adanya kecurangan tersebut. Oleh lantaran itu, UI telah lama menerapkan mekanisme antisipatif dengan menggabungkan skor ujian tulis berbasis komputer (UTBK) serta SIMAK. Masing-masing skor diambil sebesar 50 persen.

Mekanisme itu untuk menentukan kelulusan seseorang melalui jalur seleksi mandiri untuk kelas reguler. “UI juga memperhatikan kewajaran dan juga konsistensi skor yang dimaksud diperoleh orang partisipan seleksi pada pada waktu mengikuti UTBK lalu pada ketika mengikuti SIMAK,” ujar Amelita.

Menurut Amelita, UI telah lama meminimalisir prospek terjadinya kecurangan oleh kontestan ujian pada tes SIMAK. Pada seleksi kelas khusus internasional Fakultas Medis UI misalnya, partisipan yang lulus ujian tulis SIMAK harus mengikuti dua tes berikutnya, yakni Minnesota Multhiphasic Personality Inventory (MMPI) dan juga Multiple Mini Interview (MMI).

Isu perjokian atau orang pada tersebar di area media sosial X pada Senin, 15 Juli 2024. Sebuah akun @petunjukutbk mengunggah tangkapan layar yang digunakan berisi salah satu manusia kontestan jalur mandiri kelas khusus internasional UI lolos pada seksi, meskipun menggunakan bantuan kecerdasan buatan (AI) di menjawab soal.