olahraga

3 Atlet Peraih Medali Olimpiade Paris Ikut Upacara 17 Agustus dalam Ibu Daerah Perkotaan Nusantara

Jakarta – Tiga atlet peraih medali Olimpiade Paris, Veddriq Leonardo, Rizki Juniansyah, dan juga Gregoria Mariska Tunjung hadir di upacara peringatan keras detik-detik Proklamasi 17 Agustus pada Istana Negara, Ibu Perkotaan Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Salah satu pembawa acara, Sara Wayne, memohon para tamu undangan memberikan tepuk tangan untuk tiga atlet tersebut. “Pada hari ini kita juga peluncuran pahlawan-pahlawan olahraga Indonesia. Baik bapak lalu ibu hadirin bolehlah kita berikan tepuk tangan yang meriah untuk para peraih medali di tempat kompetisi Olimpiade Paris 2024,” ucap pembawa acara Sara Wayne diambil dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Para tamu undangan pun memberikan sambutan meriah terhadap Veddriq, Rizki, lalu Gregoria. Mereka memberikan tepuk tangan sebagai bentuk apresiasi melawan keberhasilannya mengakibatkan bendera Indonesia berkibar di area Olimpiade Paris 2024.

Pembawa cara lainnya, Caesar Gunawan kemudian menyebutkan satu per satu nama atlet beserta raihannya di dalam Olimpiade Paris 2024. “Veddriq Leonardo peraih medali emas dari cabang olahraga panjat tebing speed putra, Rizki Juniansyah peraih medali emas angkat besi nomor 73 kilogram putra, juga Gregoria Mariska Tunjung peraih medali perunggu dari cabang olahraga bulu tangkis dari nomor tunggal putri,” ucap Caesar Gunawan.

Dalam cuplikan tayangan video dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden, terlihat Veddriq, Rizki, kemudian Gregoria mengenakan pasca tracksuit serba putih yang mana didesain oleh Didit Hediprasetyo khusus untuk kontingen Indonesia di tempat Olimpiade Paris 2024. Turut hadir pulan Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie yang mana mendampingi mereka.

Veddriq, Rizki, dan juga Gregoria baru semata mengikuti kegiatan pawai dari Kementerian Pemuda serta Olahraga (Kemenpora) ke Istana Negara di area Ibukota Indonesia Pusat, Jumat, 16 Agustus 2024. Dalam acara tersebut, turut hadir pula atlet lain yang tidaklah meraih medali, seperti Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing), Rifda Irfanaluthfi (senam), hingga Fathur Gustafian (menembak).

Mereka diarakan menggunakan bus atap terbuka untuk kemudian bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di area Istana Negara Jakarta. Para atlet yang dimaksud telah terjadi berjuang diberi bonus oleh pemerintah dengan nominal yang mana berbeda sesuai pencapaiannya. Peraih medali emas mendapatkan bonus Mata Uang Rupiah 6 miliar, peraih medali perunggu Simbol Rupiah 1,65 miliar, serta yang mana tidaklah meraih medali Mata Uang Rupiah 250 juta.

Presiden Joko Widodo (keempat kanan) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo (kanan) didampingi Menhan Prabowo Subianto (keempat kiri) memberikan penghormatan terhadap kontestan upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di tempat lapangan upacara Istana Negara Ibu Perkotaan Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Hari Sabtu 17 Agustus 2024. Upacara pada rangka hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI yang dimaksud mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Related Articles